Kamis, 12 Desember 2013

Ansambel

Ansambel

Ansambel musik di mana-mana memiliki struktur sosial internal mereka sendiri, biasanya mencerminkan bahwa masyarakat mereka pada umumnya dalam jenis mereka kepemimpinan, jumlah kebebasan yang tersedia untuk pemain individu, dan sebagainya. Para penonton untuk ensemble yang diberikan juga cenderung stratified sosial. Besar ansambel terpusat diarahkan cenderung ditemukan dalam masyarakat yang memiliki tatanan sosial yang kompleks birokrasi dan piramida. Kelompok tersebut paling biasanya dapat ditemukan berkerumun di sekitar pengadilan kerajaan atau pangeran dari China, Jepang, Korea, Jawa, Bali, dan Afrika Utara dan di pengadilan musik yang berasal dari Eropa dan Amerika. Dalam semua kasus ini repertoar lebih atau kurang tetap dan kuno tetap digunakan. Di Jepang dan Korea musik pengadilan telah berasal dari pengadilan musik kuno (dan tidak ada lagi yang masih ada) dari China. Kedua jenis instrumen senar digunakan di pengadilan musik Jepang adalah sitar (koto dan wagon ) dan kecapi (Biwa). Koto memiliki 13 senar dan biwa empat atau lima.
Itu gamelan orkestra Jawa, Indonesia , mempekerjakan tapi dua chordophones dalam ansambel, yang dinyatakan didominasi oleh melanda metalofon (instrumen dengan serangkaian batang logam), atau instrumen logam lainnya, seperti tuned set gong. The membungkuk rebab mungkin masuk orkestra dari Timur Tengah (di mana itu disebut rabab ) kadang-kadang di abad ke-15 atau ke-16, ketika sebagian besar Jawa memeluk Islam. Hal ini memainkan dalam mode geser sekitar pitches tetap orkestra, tradisional, pemain yang telah dirasakan oleh orang Jawa sebagai "raja" dari gamelan, dengan drummer sebagai nya A sitar disebut "perdana menteri." celempung atau siter, yang memiliki 20 hingga 26 string logam dalam program ganda, juga dapat didengar dalam gamelan.

Di Negara-negara Muslim di Timur Tengah maupun di Barat, instrumen senar mendominasi numerik dalam orkestra, ansambel klasik Maghrib , yang terutama melakukan suite Andalusia kuno, biasanya terdiri dari sekitar satu lusin musisi. Para instrumentalis termasuk sejumlah biola atau viola pemain, pemain rabab, kecapi ( ʿ UD ) pemain, drumer , dan kadang-kadang flutists , pemain cello , dan pianis . Semua pemain string yang memainkan melodi bersama-sama tapi tidak berbarengan, karena mereka diharapkan untuk bervariasi secara individu dengan ornamen dan bagian-bagian improvisasi. Ansambel ini biasanya dipimpin oleh seorang pemain ud ʿ yang menunjukkan lapangan , modus , suasana hati, perubahan tempo, dan sebagainya.

Jumlah yang lebih besar dari instrumen senar digunakan di Barat dan Afrika Utara orkestra tertunduk, Western orkestra , bagaimanapun, adalah khas dalam bahwa chordophones membungkuk ada dan dimainkan dalam keluarga ukuran lulus (biola, viola, cello , bass), dan fenomena ini berasal dari sejauh mana musisi Barat telah dihargai harmoni dan Komposisi multipart. Dalam pengembangan orkestra Barat, dua besar-tapi bertahap-perubahan telah terjadi selama berabad-abad: pertama, instrumen senar telah meningkat secara dramatis dalam nomor dalam orkestra, dan, kedua, catatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi dan karenanya posisi jari yang lebih ekstrim telah menuntut pemain tali. Sosial dan musik, peran pemain dalam abad ke-18 awal simfoni (di mana tidak akan ada lebih dari dua atau tiga pemain untuk setiap bagian) sangat berbeda dari fungsi anonim memungkinkan pemain biola, misalnya, dalam ke-19 -abad simfoni oleh Hector Berlioz atau Gustav Mahler . Orkestra simfoni tampaknya mewakili penggabungan dua fungsional dan estetis yang berbeda kelompok bahwa Eropa abad pertengahan diduga berasal dari peradaban Arab. Salah satunya, digunakan untuk outdoor musik upacara, terdiri awalnya dari shawms (oboes), drum, dan terompet , yang lain, untuk dalam ruangan (chamber) digunakan, terdiri dari instrumen senar, instrumen perkusi tenang, dan seruling. Orkestra modern yang mempertahankan sisa-sisa dari kedua ansambel dalam pengaturan yang duduk, orkestrasi, dan kepemimpinan.

Dalam seni musik Barat, musik kamar (dilakukan oleh ansambel kecil, biasanya dengan satu instrumen per bagian) telah dipahami sejak pertengahan abad ke-18 menjadi sepenuhnya berbeda dari musik orkestra, di abad 17 dan 18 awal, namun, perbedaan akan sulit untuk menarik , karena tidak ada perbedaan yang jelas baik dalam musik, ukuran, atau posisi sosiologis dari dua jenis ansambel. Orkestra simfoni muncul karena permintaan kelas menengah untuk konser publik dan dari keinginan komposer setelah Revolusi Perancis untuk menyediakan musik demokrasi untuk rakyat, dengan demikian, khalayak massa menuntut orkestra besar, dan perkalian mencolok dari instrumentalis mempengaruhi string di atas semua lain.

ORANG-ORANG
TOPIK
Jepang menghargai sejumlah ansambel kamar-musik tradisional, ini, yang paling umum adalah sankyoku tersebut ("musik selama tiga") ensemble, biasanya digunakan untuk musik jiuta, melainkan menggunakan satu atau dua kotos, yang samisen (disebut, dalam jiuta , yang Sangen), dan shakuhachi (end-blown flute). Sebelum shakuhachi menjadi bagian standar dari ansambel (pada awal abad ke-20), tiga-senar membungkuk kecapi KOKYU digunakan sebagai gantinya. Pemain koto juga dapat menyanyi. Di jiuta koto memainkan melodi utama, dan instrumen lain secara bersamaan menghasilkan varian itu. Sebuah tradisional Jepang mengatakan picturesquely menggambarkan musik ensemble ini dengan mempersamakan koto ke tulang, samisen (Sangen) daging, dan shakuhachi pada kulit.

The ensemble dasar di Selatan India ( Karnatak ) musik terdiri dari pesawat tak berawak instrumen (biasanya kecapi berleher panjang tambura ), instrumen ritme (sering drum disetel ( mridangam ), dan vokalis atau instrumentalis untuk membawa melodi utama. Kelompok ini sering ditambah untuk memasukkan instrumen tambahan, namun unsur dasar harus hadir. Seorang pemain biola sering ditambahkan sebagai pengiring untuk penyanyi. Dalam peran pendukung seperti, pemain biola harus mampu tidak hanya untuk bermain bersama-sama dengan penyanyi di potong tetap tetapi juga untuk mengikuti bagian improvisasi sangat rumit, sambil berpegang pada yang benar raga (kerangka melodi) dan tala (framework berirama). Sebuah kelompok analog di Hindustan tradisi India Utara (serta Pakistan dan Bangladesh) mungkin termasuk lutelike sitar atau sarod sebagai instrumen solo, dengan iringan tabla (sepasang drum), dan dengung. Seringkali biola, atau sarangi , menyertai penyanyi. Ansambel Asia Tenggara seperti Thailand mahori dapat menyertai penyanyi dengan kecapi membungkuk (saw), kecapi dipetik (krajappi), dan jenis kecapi-kecapi yang dimainkan oleh musisi duduk di lantai (jakhe). Flute dan perkusi ringan juga dapat menjadi bagian dari ansambel.

Prinsip agak mirip berlaku dalam musik Arab dan Turki klasik: ansambel kamar-musik yang disebut takht harus menyertakan instrumen-biasanya string-bermain melodi dan berimprovisasi di bagian pengantar yang dikenal sebagai Taqsim dan perkusi instrumen untuk menangani mode berirama, yang dikenal sebagai IQA ʿ di . Dalam musik Yunani, unsur harmoni ditambahkan ke sistem pada dasarnya modal sehingga instrumen solo (biasanya klarinet atau biola) memainkan melodi yang sangat dihiasi dan instrumen lain (gitar, atau laouto) memainkan latar belakang chordal dan menjaga pola ritmis menegaskan. Ansambel serupa ditemukan di Amerika dan di Afrika.

Di Puerto Rico musik tradisional, gitar memainkan harmoni, kecapi 10-senar dengan 5 program ganda ( cuatro ) memainkan melodi dengan penyanyi, dan scraper (guiro) dan drum ( timbales ) menghasilkan bagian berirama. Di antara Imazighen ( Berber ) dari Afrika Utara, kelompok musisi profesional keliling biasanya bermain satu atau dua gimbrī (kecapi), biola satu-senar (render melodi yang sangat dihiasi), dan perkusi. Di Senegal , kecapi mirip dengan gimbrī yang dimainkan oleh penyanyi-sejarawan dikenal sebagai griot , sering dalam ansambel dari tiga atau empat seruling, drum, dan bergetar . Amerika Utara bluegrass gaya Appalachia sebagian besar sesuai dengan pola ini Afrika instrumentasi, ensemble biasanya hanya mencakup membungkuk dan memetik senar dan penyanyi.

Batu kelompok mewakili perpaduan tradisi Afrika dan Eropa. Khas batu ansambel menggunakan dipetik listrik instrumen senar, instrumen listrik keyboard, suara, dan drum. The gitar listrik memainkan melodi, dan bass listrik membuat bagian bass. Dalam berbagai campuran Utara dan Amerika Selatan dari Afrika, Eropa, dan tradisi adat, unsur Afrika meliputi instrumen perkusi dan kecapi kulit-bellied (banjo), unsur Eropa termasuk gitar kayu-bellied dan cuatro serta bagian-bagian bass ; scraper sering berasal dari musik asli Amerika , dan gaya bernyanyi mungkin berasal dari salah satu dari empat tradisi.Ansambel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar