_a
angklung
Catatan_mengenai_angklung_baru_muncul_merujuk_pada_masa_Kerajaan_Sunda_(abad_ke-12_sampai_abad_ke-16)._Asal_usul_terciptanya_musik_bambu,_seperti_angklung_berdasarkan_pandangan_hidup_masyarakat_Sunda_yang_agraris_dengan_sumber_kehidupan_dari_padi_(pare)_sebagai_makanan_pokoknya._Hal_ini_melahirkan_mitos_kepercayaan_terhadap_Nyai_Sri_Pohacisebagai_lambang_Dewi_Padi_pemberi_kehidupan_(hirup-hurip)._Masyarakat_Baduy,_yang_dianggap_sebagai_sisa-sisa_masyarakat_Sunda_asli,_menerapkan_angklung_sebagai_bagian_dari_ritual_mengawali_penanaman_padi._Permainan_angklung_gubrag_di_Jasinga,_Bogor,_adalah_salah_satu_yang_masih_hidup_sejak_lebih_dari_400_tahun_lampau._Kemunculannya_berawal_dari_ritus_padi._Angklung_diciptakan_dan_dimainkan_untuk_memikat_Dewi_Sri_turun_ke_bumi_agar_tanaman_padi_rakyat_tumbuh_subur.
Jenis_bambu_yang_biasa_digunakan_sebagai_alat_musik_tersebut_adalah_bambu_hitam_(awi_wulung)_dan_bambu_putih_(awi_temen)._Tiap_nada_(laras)_dihasilkan_dari_bunyi_tabung_bambunya_yang_berbentuk_bilah_(wilahan)_setiap_ruas_bambu_dari_ukuran_kecil_hingga_besar.
Dikenal_oleh_masyarakat_sunda_sejak_masa_kerajaan_Sunda,_di_antaranya_sebagai_penggugah_semangat_dalam_pertempuran._Fungsi_angklung_sebagai_pemompa_semangat_rakyat_masih_terus_terasa_sampai_pada_masa_penjajahan,_itu_sebabnya_pemerintah_Hindia_Belanda_sempat_melarang_masyarakat_menggunakan_angklung,_pelarangan_itu_sempat_membuat_popularitas_angklung_menurun_dan_hanya_di_mainkan_oleh_anak-_anak_pada_waktu_itu.
Selanjutnya_lagu-lagu_persembahan_terhadap_Dewi_Sri_tersebut_disertai_dengan_pengiring_bunyi_tabuh_yang_terbuat_dari_batang-batang_bambu_yang_dikemas_sederhana_yang_kemudian_lahirlah_struktur_alat_musik_bambu_yang_kita_kenal_sekarang_bernama_angklung._Demikian_pula_pada_saat_pesta_panen_dan_seren_taun_dipersembahkan_permainan_angklung._Terutama_pada_penyajian_Angklung_yang_berkaitan_dengan_upacara_padi,_kesenian_ini_menjadi_sebuah_pertunjukan_yang_sifatnya_arak-arakan_atau_helaran,_bahkan_di_sebagian_tempat_menjadi_iring-iringan_Rengkong_dan_Dongdang_serta_Jampana_(usungan_pangan)_dan_sebagainya.
Dalam_perkembangannya,_angklung_berkembang_dan_menyebar_ke_seantero_Jawa,_lalu_ke_Kalimantan_dan_Sumatera._Pada_1908_tercatat_sebuah_misi_kebudayaan_dari_Indonesia_ke_Thailand,_antara_lain_ditandai_penyerahan_angklung,_lalu_permainan_musik_bambu_ini_pun_sempat_menyebar_di_sana.
Bahkan,_sejak_1966,_Udjo_Ngalagena_—tokoh_angklung_yang_mengembangkan_teknik_permainan_berdasarkan_laras-laras_pelog,_salendro,_dan_madenda—_mulai_mengajarkan_bagaimana_bermain_angklung_kepada_banyak_orang_dari_berbagai_komunitas.
Sebagai_alat_musik_pra_Hindu,_Angklung_tidak_digambarkan_pada_candi_Borobudur_dan_Prambanan,_sebagaimana_halnya_alat_musik_bambu_lainnya_yang_sudah__berkembang_sebelum_zaman_zaman_Hindu_di_Indonesia,_misalnya_alat_musik_bambu_berdawai.
Dalam_literature_kuno_pun_saya_tidak_atau_belum_menemukannya,_Kekawin_Arjunawiwaha_yang_diperkirakan_ditulis_sekitar_tahun_1040_hanya_menyebut-nyebut_Sundari_(semacam_erofon_yang_di_Jawa_Barat_dikenal_dengan_sebutan_Sondari,_di_Bali_Sundaren)._Calung_yang_dewasa_ini_terdapat_di_Jawa_Barat_dan_Jawa_Tengah,_disebut-sebut_dalam_Inskripsi_Buwahan_yang_diperkirakan_dibuat_sekitar_tahun_1181.
Guntang_alat_musik_bambu_berdawai_yang_penyebarannya_meliputi_Asia_Tenggara_sampai_Madagaskar,_dan_sampai_sekarang_di_Bali_tetap_disebut_Guntang,_terdapat_dalam_Kekawin_Kidung_Sunda_yang_diperkirakan_ditulis_tidak_lama_setelah_tahun_1357._Alat_yang_di_Priangan_disebut_Pancurendang,_di_Jawa_Tengah_disebut_Bluntak,_dan_di_Bali_disebut_Taluktak,_disebut-sebut_dalam_kekawin_Bharata_Yuda._Tongtong_atau_kentongan_bambu_disebut-sebut_dalam_Sudhamala_dengan_Kulkul,_dalam_Samarandana_disebut_Titiran,_dan_dalam_Bharata_Yudha_disebut_Kukulan._Baru_dalam_tulisa-tulisan_kemudian_seperti_dalam_serat_Cebolang,_Angklung_disebut-sebut,_yaitu_waktu_melukiskan_saat_Mas_Cebolang_mempertunjuknan_keahliannya_menyanyi_dan_bermain_musik_didepan_Bepati_Dhaha_Kediri
Dalam_perkembangannya_musik_angklung_perlahan_mulai_berubah_dan_beradaptasi_dengan_perkembangan_jamannya._Mulai_dari_jaman_dimana_manusia_memanfaatkan_bambu_sebagai_alat_utama_mereka_untuk_bertahan_hidup,_masuknya_budaya_China,_penyiaran_agama_Islam,_masuknya_budaya_barat_ke_Indonesia,_sampai_pada_jaman_modern_ini.
Pada_masa_modern_ini,_perkembangan_musik_angklung_mulai_berubah._Itu_berawal_dari_Daeng_Sutisna_yang_berhasil_mengubah_tangga_nada_petatonis_menjadi_diatonis_(do,re,mi,fa,sol,la,si,do)_pada_tahun_1983._Dan_perkembangan_itu_pun_terjadi,_misalnya_pada_KTT_Asia_Afrika_di_Bandung,_Jawa_Barat._Musik_Angklung_modern_dimainkan_untuk_acara_resmi_dalam_Indonesia_Ultimate_Diversity_tersebut,_yaitu_dalam_lagu_Indonesia_Raya_dan_beberapa_lagu_daerah_yang_terkenal_seperti_Rasa_Sayange,_Ayo_Mama,_Burung_Kakak_Tua_dan_Potong_Bebek_Angsa_.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar